Bayar BPJS di Tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

Advertisement

Tempat pembayaran BPJS  (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kini banyak pilihan mau bayar lewat Alfamart, Indomart atau bisa juga bayar iuran BPJS online via transfer Bank dan marketplace. Seperti hari ini tanggal 10 yang merupakan batas melakukan pembayaran terakhir karena jika tidak peserta akan dikenakan denda.

Dengan harapan mendapat cashback maksimal sebesar Rp.20.000 karena sedang ada promo Tokopedia bulan ini. Tetapi ketika bayar BPJS di Tokpedia stok kosong dengan kata lain transaksi gagal dan sempat kwatir proses pengembalian dana refund Toped lama. Tetapi tidak beberapa lama muncul notifikasi lewat SMS, email dan pada akun Tokopedia yaitu pembayaran BPJS kesehatan GAGAL.

Karena baru pertama kali bingung juga stok product kosong kemudian uang pengembalian akan masuk kemana? Dan bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara mencairkan uang pembayaran BPJS online lewat Tokopedia tidak berhasil, emiscara akan berbagi informasi singkat dibawah dan silahkan dibaca sampai selesai.

Cara Bayar BPJS Lewat tokopedia

Agar lebih paham emsicara akan memberikan informasi terlebih dahulu bagaimana cara bayar BPJS lewat Tokopedia.

1. Setelah masuk ke akun Tokopedia cari menu Bayar BPJS, kemudian masukan Nomor Virtual Account Keluarga apabila melakukan pembayaran untuk bulan apa selanjutnya klik Bayar.

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

2. Kemudian akan muncul detail pembayaran kesehatan berupa nama, no VA, no VA KK, produk, periode dan jumlah, apabila sudah sesuai dengan kartu JKN KIS silahkan klik Lanjut.

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

4. Tetapi apabila memiliki kode promo BPJS Tokopedia contoh BPJSLINAS, sebaiknya dimasukan terlebih dahulu sehingga mendapatkan Casback Tokocash. Selanjutnya pilih metode pembayaran yaitu dari Saldo Tokopedia,

Karena emiscara telah top up sebelumnya. Bagi yang belum memiliki saldo dapat memilih alternatif pembayaran seperti transfer Bank, virtual account atau indomaret dan jika sudah klik Bayar.

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

Jika pembayaran BPJS lewat Tokopedia berhasil maka akan ada notifikasi berupa no transaksi beserta detail pemilik kartu BPJS. Tetapi jika tidak berhasil maka tampilanya seperti gambar dibawah.

Bayar BPJS di Tokopedia Tapi Stok Kosong

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

Apabila mengalami kejadian diatas yaitu stock product kosong tidak perlu bingung karena uang pembayaran setiap transaksi yang gagal akan dikembalikan ke TokoCash, dibawah merupakan langkah langkahnya agar uang dapat dipindahkan kemudian ditarik kembali.

1. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan lewat SMS bahwa dana senilai misal Rp.155.500 telah dikembalikan ke TokoCash Anda. Sebenarnya TokoCash juga dapat digunakan untuk pembelian pulsa, token listrik dll.

Tetapi karena emiscara ingin menarik kembali uang untuk bayar BPJS ditempat lain sehingga yang harus dilakukan adalah klik TokoCash terlebih dahulu.

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

2. Setelah itu pilih Riwayat Transaksi jika sudah klik panah belok seperti gambar dibawah pada Pengembalian Dana dari Tokopedia.

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

3. Dan terakhir silahkan pilih Pindahkan ke Saldo Tokopedia.

Bayar BPJS di tokopedia Tapi Stok Kosong Uangnya Masuk Kemana?

Dengan demikian uang dari bayar BPJS di Tokopedia tapi stok kosong, penarikan dana bisa melalui rekening Bank yang dipilih. Ada dua pilihan apakah ingin bayar BPJS di Indomaret, Alfamart dengan menarik uang tunai terlebih dahulu.

Atau bisa juga dengan melakukan pembayaran BPJS dengan transfer lewat Bank dan kebetulan saya menggunakan rekening BCA untuk pencairan. Sehingga memilih bayar BPJS kesehatan lewat ATM BCA. Itulah informasi yang dapat emiscara sampaikan dan semoga bermanfaat.