Bagaimana Jika Salah Input Resi di Lazada?

Advertisement

Selain jualan di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, emiscara.com juga membuka toko di Lazada dan tentu saja setiap marketplace tersebut memiliki aturan tersendiri contohnya dalam memasukkan resi paket yang telah dikirim.

Dan kemarin karena order sedang banyak sehingga salah input resi di Lazada. Jika di Bukalapak dan Tokopedia cara ganti resi atau ganti jasa pengiriman cukup dengan mengedit manual, berbeda dengan dengan Lazada karena harus mengirim email atau menanyakan terlebih dahulu kepada partner support Lazada.

Karena ini merupakan pengalaman pertama salah memasukkan no resi JNE, emiscara.com juga belum mengetahui prosedurnya sehingga harus melakukan live chat dengan partner support supaya cepat ditindak lanjuti. Dibawah merupakan pengalaman untuk mengatasi masalah tersebut dan bagi seller Lazada yang belum tahu silahkan membaca informasinya.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Salah Input Resi di Lazada?

  1. Silahkan mengisi formulir online revisi nomor resi dengan membuka https://lazadacontent.formstack.com.
  2. Setelah itu isi nama toko misal “toko79”.
  3. Masukkan ID toko atau seller center ID misal “ID20XPZ ” yang didapat ketika buka toko Lazada pertama kali.
  4. Selanjutnya masukkan nomor order yang terdapat di seller center di menu pesanan.
  5. Kemudian isi nomor resi baru dan jasa pengiriman yang digunakan misal JNE drop atau JOB (JNE Online Booking).
  6. Dan berikan komentar (opsional).

Bagaimana Jika Salah Input diLazada?

baca juga:  Cara retur barang di Lazada

Dan terakhir klik Submit tujuan revisi resi Lazada adalah untuk merubah status pengirman dari ready to ship (siap dikirim) menjadi delivered (dikirim). Karena jika resi tidak dirubah status akan tetap ready to ship yang tentunya akan merugikan seller karena akan kehabisan batas input resi.

Biasanya jika sudah lapor kurang lebih 3×24 jam kerja status akan berubah menjadi delivered, jadi tidak bisa saat itu status mengalami perubahan. Kemudian cek di seller center apakah status sudah berubah atau belum dan apabila masih tetap sama silahkan lakukan percakapan dengan partnert support Lazada.

Untuk partner support harap diperhatikan karena ada jam kerja, demikianlah informasi singkat mengenai langkah yang harus seller lakukan jika salah input resi di Lazada. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.