Bagaimana Biasanya Kamu Membersihkan Layar Laptop

Advertisement

Akhir akhir ini saya tidak betah berlama lama menggunakan laptop sehingga pekerjaan pun terbengkalai. Alasanya mata tidak nyaman akibat layar laptop kusam hal ini terjadi karena saya tidak pernah membersihkan layar laptop dari pertama kali laptop dibeli.

Padahal cara membuat layar laptop/komputer kinclong atau bersih tidaklah sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sebagian orang menjernihkan layar laptop/LCD diantaranya ada yang membersihkan dengan minyak kayu putih, tisu dll.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada monitor laptop yang dapat dilakukan sendiri, selengkapnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Membersihkan Layar Laptop

Bagaimana Biasanya Kamu Membersihkan Layar Laptop

https://www.youtube.com/watch?v=_0msdYFAENA

1. Siapkan Lap Tidak Berserat/Microfiber

Agar layar laptop atau komputer tetap aman ketika dibersihkan gunakanlah kain serat micro atau yang dikenal dengan microfiber. Lap atau kain jenis ini sangat lembut sehingga tidak akan meninggalkan goresan pada layar.

2. Sediakan cairan pembersih khusus

Gunakan cairan pembersih monitor (LCD cleaner) yang banyak dijual di toko yang menjual peralatan komputer offline dan online. Apabila tidak sempat membeli bisa juga membuat cairan pembersih sederhana dengan bahan air dan cuka.

Cuka yang digunakan adalah cuka tawar putih (bukan cuka apel) cara membuatnya dengan mencampurkan air dan cuka menggunakan perbandingan 50:50.

3. Persipakan spray atau alat penyemprot

Supaya lap terkena air secara merata sebaiknya gunakan semprotan dengan lubang halus  seperti botol parfum, sehingga lap tidak terlalu basah.

Langkah Langkah Membersihkan Layar Laptop Yang Benar

Setelah semua alat dan bahan yang akan digunakan pada proses membersihkan sudah tersedia, hal yang harus dilakukan adalah:

  1. Matikan laptop kemudian lepas kabel adaptor dari sumber listrik (stop kontak) tidak terkecuali baterainya.
  2. Tuangkan larutan pembersih buatan tersebut kedalam alat penyemprot.
  3. Semprotkan cairan tersebut pada lap microfiber jangan terlalu banyak.
  4.  Mulai menyeka atau mengelap layar dengan gerakan memutar. Ketika lap menyentuh layar jangan menekan terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada matriks LCD.
  5. Ulangi sampai layar kinclong

Kesalahan Ketika Membersihkan Layar Laptop

Tentunya tujuan membesihkan untuk membuat layar menjadi bersih tanpa bukan malah membuat layar menjadi rusak. Kesalahan yang biasa dilakukan yaitu menggunakan tisu, handuk, kaus kaki untuk menyeka layar padahal benda benda memiliki serat yang tentunya akan menimbulkan goresan di layar meskipun halus.

Baca juga: Cara memperbaiki keyboard laptop error sendiri

Selain itu ada juga yang membasahi atau menyemprot langsung layar kemudian baru di lap, cara ini keliru karena layar berisiko cairan pembersih/air masuk kedalam mesin.

Banyak juga pemilik laptop merendam terlebih dahulu lap pada air kemudian baru diseka pada layar, apabila lap tidak diperas air akan menetes yang berpotensi masuk pada komponen penting laptop. Hasilnya laptop menjadi rusak.

Proses terakhir dari cara membersihkan layar laptop adalah menunggu layar kering dan jangan terburu buru menyalakan laptop. Nah bagaimana mudah bukan melakukan perawatan layar laptop? bersihkan secara berkala agar LCD laptop kamu awet.