Apa Saja Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

Advertisement

Pada tahun 2018 emiscara mendaki gunung Merbabu yang merupakan pertama kalinya dalam hidup, sebenarnya saya bukan anak pecinta alam dan hanya ingin mencoba saja. Karena belum berpengalaman sehingga tidak membawa perlengkapan naik gunung standar.

Dan sudah dipastikan mendaki menjadi tidak nyaman apalagi bagi saya seorang wanita, contohnya akibat tidak menggunakan sepatu standar pendakian kaki terasa pegal ketika naik gunung dengan ketinggian 3.142 meter diatas permukaan laut tersebut.

Rencananya tahun ini emiscara akan “muncak” lagi untuk itu dari sekarang harus menabung untuk membeli alat alat untuk naik gunung, karena harga peralatan mendaki dengan kualitas baik membutuhkan dana yang lumayan. Apakah perlengkapan yang harus dibawa? silahkan lihat list dibawah.

Perlengkapan Naik Gunung Pribadi

1. Carrier atau Tas Gunung

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

Peralatan gunung yang paling yaitu tas gunung atau carrier karena berfungsi untuk menampung barang bawaan. Diantaranya peralatan pendakian maupun perbekalan logistik, untuk ukuranya bervariasi mulai dari 40L, 50L, 60L, 80L dan 100L tergantung berapa lama akan mendaki.

Untuk melindungi carrier dari cahaya matahari hujan yang dapat beresiko barang bawaan rusak sebaiknya gunakan cover bag yang biasanya sudah satu paket dengan tas gunung.

2. Sleeping Bag atau Kantung Tidur

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

 

Kantung tidur juga tidak kalah penting karena berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan menormalkan suhu tubuh ketika didalam tenda atau lokasi camp. Selain itu sleeping bag sebaiknya yang memiliki bantal tiup karena akan membuat tidur didalam tenda lebih nyenyak.

3. Matras

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Salah satu perlengkapan tidur ketika di gunung adalah matras karena tidak semua area di gunung permukaan tanahnya rata. Dengan menggunakan matras tanah akan terasa empuk yang membuat tidur lebih nyaman sehingga perjalanan mendaki berikutnya lebih semangat.

4. Sarung tangan

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Sebaiknya bawa sarung tangan khusus naik gunung untuk melindungi tangan dari terpaan udara dingin gunung dan melindungi dari segala sesuatu yang ada di puncak gunung yang berpotensi melukai tangan.

5. Kaos, Celana dan Jaket Gunung

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Untuk bagian atas pakailah T-shirt yang tidak ketat agar gerak tubuh tidak terganggu dan yang berbahan cepat kering selai itu bawalah jaket untuk menjaga tubuh dari udara dingin ketika malam hari dapat mengurangi resiko hipotermia, pilih jaket gunung yang berbahan polar bukan yang berbahan cotton. Kemudian selain jaket .

Sementara Untuk celana sebaiknya berbahan polyester dan bukan yang berbahan jeans karena jeans lebih berat dibanding polyester dan juga celana jeans mudah ditembus angin.

6. Sepatu Gunung

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Dalam membeli sepatu gunung pilihlah sepatu dengan tapak kaki bergerigi untuk menghindari dari tergelincir. Kemudian tinggi sepatu harus diatas mata kaki sehingga jika jatuh atau tergelincir bagian kaki tidak kerkilir.

Tentu saja sebelum memakai sepatu harus menggunakan kaos kaki tracking yang memiliki bahan tebal untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan kaki. Siapkan dua pasang kaos kaki yang satu untuk di lapangan dan satu lagi digunakan pada waktu tidur di tenda.

7. Alat Makan

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Supaya praktis makan beli dengan model lipat seperti sendok, garpu, pisau bahkan mangkun juga ada yang dapat dilipat.

8. Gaiters

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Gaiters berfungsi sebagai pelindung bagian atas kaki dari duri, gigitan hewan seperti lintah maupun pacet dan juga dapat melindungi sepatu apabila ada kerikil, pasir yang akan masuk kedalam sepatu.

9. Water Bladder

Perlengkapan Naik Gunung Agar Mendaki Nyaman

shopee.co.id

Agar proses pendakian lebih nyaman dianjurkan memiliki kantung air atau water bladder karena penggunaanya lebih praktis dibanding dengan botol minuman. Dan ketika haus tidak perlu mengeluarkan botol dari carrier, ukuran water bladder bervariasi 1L, 2L dan 3L.

Disamping 9 poin diatas peralatan yang harus dibawa saat naik gunung adalah P3K yang berisi obat obatan umum dan pribadi. Untuk melindungi kepala bisa menggunakan topi atau kupluk sementara untuk kebersihan silahkan bawa tas peralatan mandi kecil.

Bawa juga jas hujan dengan bahan tipis dan satu lagi trekking pole dan tas plastik untuk tempat sampah. Menurut Emiscara untuk pemula perlengkapan naik gunung yang sudah disebutkan diatas sudah cukup.