Apa Perbedaan Nomor Induk eKTP Perempuan dan Laki Laki

Sebagian orang mungkin belum tahu arti 16 digit angka/kode pada KTP sehingga nomor induk kependudukan (NIK) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini terlihat kumpulan angka yang sulit dipahami.

Nomor Induk Kependudukan muncul ketika pemerintah meluncurkan program KTP nasional atau yang lebih dikenal dengan eKTP dengan sistem komputerisasi sehingga NIK berlaku seumur hidup.

Tapi apakah kamu tahu perbedaan nomor induk eKTP perempuan dan laki laki karena bagi orang awam jumlah angka tersebut sama 16 digit, padahal ada makna dibalik kode pada eKTP , untuk membaca no identitas eKTP silahkan simak info singkat dibawah.

Cara membaca nomor induk eKTP

Sebagai contoh nomor induk eKTP adalah 32 01 02 63 10 91 0127 arti dari angka tersebut adalah:

  • 32 merupakan kode provinsi sejumlah 34 provinsi yang terdaftar dalam Republik Indonesia.
  • 01 merupakan kode kota atau Kabupaten
  • 02 adalah kode kecamatan asal pembuatan eKTP.
  • 63 adalah kode tanggal lahir.
  • 10 merupakan kode Bulan lahir, dalam hal ini bulan Oktober
  • 91 merupakan angka yang menunjukan tahun pemegang eKTP dilahirkan.
  • 0127 untuk empat digit terakhir merupakan nomor urut komputerisasi yang tidak sama satu dengan yang lain.

Perbedaan nomor induk eKTP perempuan dan laki laki

Ternyata pada 6 digit kedua (63 10 91) merupakan pembeda antara nomor induk eKTP perempuan dan laki laki, karena untuk perempuan cara penulisanya tanggal lahir ditambah 40. Jadi 63 10 91, si pemegang eKTP tersebut lahir pada tanggal 23 Oktober 1991, sederhananya 23 + 40 = 63.

Namun untuk laki laki yang lahir pada 23 Oktober 1991 penulisanya seperti biasa tanpa ditambah 40, jadi muncul di no identitas eKTP adalah 32 01 02 23 10 91 0025. Bagaimana sudah paham kan sampai disini?. Bagi yang mau cek kode wilayah silahkan masuk ke http://www.kemendagri.go.id/.

Tinggal klik saja provinsi dengan berjumlah 34 yang nanti akan muncul diberanda website kemudian kamu akan dibawa ke halaman format pdf yang berisi kode seluruh wilayah Provinsi yang dikehendaki.

Fungsi nomor induk kependudukan adalah sebagai dasar untuk penerbitan dolumen penting seperti pembuatan eKTP, paspor, surat izin mengemudi (SIM), kemudian nomor pokok wajib pajak, (NPWP),  polis asuransi, sertifikat hak atas tanah, dan penerbitan dokumen lainnya. Demikianlah bahasan singkat mengenai perbedaan nomor induk eKTP perempuan dan laki laki, semoga bermanfaat.

Advertisement