Akibat Ganti Domain Blogspot Ke Custom Domain (TLD) Traffik Berkurang?

Karena sedang ada dana dan kebetulan waktu itu namecheap sedang menjual domain dot com dengan harga lebih murah dibanding harga normal yaitu cuma $6 akhirnya saya putuskan untuk menggati subdomain blogspot dengan domain sendiri.

Salah satu alasan saya ganti ke custom domain karena sudah lama blogspot melakukan redirect dari dot com ke dot.co.id dan ini yang buat saya kurang nyaman apalagi jika kita pasang adsense maka dilaporan akan terpisah-pisah atau lebih dari satu yang dulu biasanya saya lihat cuma ada emiscara.blogspot.com kini ada tambahan blogspot.co.id.

Singkat cerita akhirnya emiscara.blogspot.com pun berganti menjadi emiscara.com, setelah sebelumnya saya lakukan pengaturan DNS di Namecheap yang ternyata sangat mudah dan cepat.

Setelah Mengganti Blogger Ke Custom Domain Apakah Traffik Berkurang?

Dari info yang saya baca memang demikian, banyak tulisan blogger lain yang berbagi pengalaman apa akibat kita ganti blogspot ke TLD dan rata-rata mengeluhkan berkurangnya pengunjung yang signifikan, selain itu jumlah index juga akan berkurang karena menunggu penyesuaian dari alamat lama ke alamat baru.

Namun yang paling menjadi perhatian saya adalah berkurangnya pengunjung akibat ganti ke custom domain, karena setelah saya log in lagi 1 hari setelah membeli domain ternyata memang betul di dashboard blogger terlihat ada pengurangan jumlah pengunjung.

Akibat Ganti Domain Blogspot Ke Custom Domain (TLD) Traffik Berkurang?

Dari gambar diatas tampak jelas, 1 hari setelah ganti ke TLD ternyata pengunjung blog berkurang sangat signifikan hampir 50% lebih. Jadi apakah benar mengganti domain blogspot ke custom domain akan menyebabkan hilangnya pengunjung?

Saya belum bisa menjawab dengan pasti karena ternyata data yang saya dapat di Google Analytics berbeda dengan data statistik yang tampil di dashboard Blogger, dimana pada Google Analytic tidak ada pengurangan jumlah pengunjung alias normal-normal saja.

Begitu pula jika saya lihat pada halaman laporan Google Adsense, jumlah tayangan atau view masih sama seperti sebelumnya. Semoga saja tidak terjadi apa yang saya khawatirkan yaitu hilangnya pengunjung setelah mengganti sub domain blogspot ke domain berbayar.

Bagaimana dengan kamu? apakah saat mengganti ke TLD memang betul traffic berkurang? apakah setelah berkurang akan normal kembali? silahkan share pengalamanmu disini.

Advertisement
Tags:
Latest Comments
  1. Achmad Fazri December 9, 2015
    • Achmad Fazri December 10, 2015