Akhirnya Google Maps Android Bisa Diakses Secara Offline

Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang sering saya gunakan di HP Android, karena sangat membantu ketika kita membutuhkan peta suatu daerah yang belum kita kunjungi sebelumnya, dan saat ini Google Maps di Android sudah bisa diakses secara offline tanpa perlu lagi koneksi internet maupun GPS.

Sebelum dapat menggunakan Google Maps secara offline kita harus mengunduh terlebih dahulu peta yang kita inginkan dan nantinya akan disimpan diperangkat Android yang kita miliki.

Cara Download dan Menggunakan Google Maps Offline

  1. Buka aplikasi Google Maps di HP Android kamu, kemudian silahkan cari area yang ingin kita simpan misal Jakarta, Bogor atau lebih spesifik misal Kebun Raya Bogor.
  2. Setelah area tersebut muncul, kemudian pilih menu lalu pilih Offilne areas.
  3. Selanjutnya tap tanda + lalu pilih Download.
  4. Terakhir beri nama peta offline tersebut lalu pilih Save dan tunggu sampai proses download selesai.

Cara Download dan Menggunakan Google Maps Offline

Setelah peta tersimpan maka kamu bisa menggunakan aplikasi Google maps tanpa koneksi internet namun terbatas pada area yang sudah kamu unduh dengan langkah diatas.

Untuk menggunakannya cukup buka aplikasi kemudian akan muncul peta yang sudah kita simpan tersebut dan kita bisa melakukan pencarian seperti saat menggunakannya secara online, namun dari beberapa kali percobaan ternyata fitur offline ini masih memiliki keterbatasan diantaranya saat akan memilih rute menggunakan berbagai jenis transportasi misal umum, kendaraan pribadi atau jalan kaki kadang tidak bisa diakses atau tidak ada data rute yang kita inginkan.

Walaupun memang memiliki keterbatasan tetapi setidaknya dengan menyimpan peta secara offline akan sedikit menghemat kuota internet namun kelemahan lain adalah ponsel Android kita harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file peta yang diunduh tadi dan saat saya coba filenya lumayan besar antara 50MB – 150MB.

Advertisement
Tags: