6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Advertisement

Bulan Juli merupakan tahun ajaran baru dari mulai TK yang akan masuk Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Setelah diterima di sekolah tentu saja para siswa baru atau lama harus mempersiapkan berbagai jenis alat tulis sekolah.

Terutama adik adik dari TK yang mendaftar ke Sekolah Dasar sebaiknya lebih diperhatikan mengenai peralatan sekolahnya sehingga lebih semangat. Karena biasanya anak anak apabila tidak membawa alat tulis tidak lengkap seperti temanya terkadang suka malas masuk (tergantung anak juga).

Agar terasa ringan sebagai orang tua sebaiknya membuat daftar nama alat tulis yang akan dibeli jauh jauh hari. Sehingga ketika hari H anak masuk sekolah tidak lagi dipusingkan dengan hal tersebut selain memiliki waktu untuk mencari grosir yang murah. Dibawah ada beberapa kebutuhan untuk sekolah anak yang sebaiknya dimiliki.

6 Jenis Alat Tulis Sekolah

1. Buku tulis

6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Buku tulis sudah pasti diperlukan siswa untuk mencatat semua pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Agar catatan mudah dibaca sebaiknya buku memiliki ukuran A5 untuk SMP atau SMA namun untuk murid SD bisa ukuran lebih kecil.

Bagi siswa SMP dan SMA biasanya pelajaran bertambah seperti pelajaran akuntansi dan tata busana yang membutuhkan buku besar dengan ukuran folio. Agar lebih hemat terkecuali buku ukuran folio bisa membeli buku langsung satu lusin atau berdasar jumlah mata pelajaran yang diterima.

2. Pensil dan ballpoint

6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Pensil dan pulpen tidak dapat dipisahkan dari buku untuk anak tingkat Sekolah Dasar cukup membawa pensil karena masih dalam tahap belajar menulis. Sehingga apabila salah mudah untuk dihapus menggunakan dan tidak mengotori buku tulis.

Sementara untuk tingkat lanjut Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah atas disamping pensil sudah pasti membutuhkan ballpoint atau pulpen. Ada banyak merk pensil, pulpen dengan harga yang bervariasi silahkan disesuaikan dengan budget.

3. Penghapus dan tipp ex

6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Untuk membersihkan tulisan pensil yang salah bisa menggunakan penghapus namun jika menggunakan pulpen cara menghilangkan tulisan pada kertas harus dengan tipp ex atau tipe x

4. Kotak pensil

6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Agar alat tulis tertata rapih gunakan kotak pensil/tempat pensil, selain pensil pada kotak ini dapat ditempatkan juga pensil, pulpen, serutan pensil, tipe x dan penghapus atau alat tulis lainnya. Dengan begitu semua perlengkapan tulis menulis tidak tercecer.

5. Penggaris

6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Penggaris digunakan dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat lanjutan biasanya digunakan untuk membuat garis tepi pada buku gambar atau membuat bangun ruang untuk pelajaran matematika dan berfungsi untuk alat ukur. Bentuk penggaris ada beberapa macam diantaranya penggaris panjang, segitiga, busur yang dapat dibeli satu set

6. Pensil warna dan buku gambar

6 Jenis Alat Tulis Sekolah Untuk Tahun Ajaran Baru

Tentunya pensil warna berbeda dengan pensil untuk mencatat pelajaran karena pensil warna digunakan untuk mewarnai objek gambar. Dengan berbagai warna seperti merah, biru, kuning, hijau, coklat dll sehingga hasilnya gambar lebih hidup.

Selain pensil warna dibutuhkan juga buku gambar yang berfungsi sebagai kanvas sebuah objek lukisan atau gambar. Ukuran gambar juga bervariasi mulai dari yang ukuran kecil, sedang sampai besar tergantung apa yang akan dilukis.

Itulah 6 jenis alat tulis sekolah yang penting untuk tahun ajaran baru dan apabila sudah lengkap biasanya siswa akan bersemangat pergi ke sekolah. Sekian terimakasih dan selamat bertemu teman baru dalam menimba ilmu untuk bekal kelak.

Sumber foto: Tokopedia,com