5 Kesalahan Penyebab Batre HP Android Cepat Rusak Atau Melendung

Biasanya masalah yang sering muncul pada pengguna Android adalah batre yang cepat rusak atau melendung. Hal tersebut terjadi karena tidak tahu cara menjaga batre HP Android tidak cepat rusak.

Ada beberapa penyebab batre Android boros atau cepat lowbat sehingga harus sering di charge, diantaranya adalah banyaknya aplikasi yang berjalan dan sambungan koneksi internet. Namun sebenarnya karena terlalu sering charge handphone memperpendek usia baterai.

Alasanya yaitu karena batre Handphone Android, Smartphone, Tablet dan Laptop memiliki siklus pengisaan daya dan ketika telah mencapai batas angka tersebut performa batre akan menurun. Untuk itu sebaiknya kamu mengetahui cara menjaga batre HP Android tidak cepat rusak.

Sebagi contoh iPhone memiliki 500 kali siklus isi ulang daya dan semakin lama persentase akan terus menurun. Hingga akhirnya performa batre turun menjadi 80 persen dari kondisi awal.

Indikator batre rusak diantaranya, batre android tidak mengisi, lama penuh, cepat habis dan panas serta batre Android ngedrop. Walaupun batre gadget ada masanya namun tentu harus dijaga agar batre tahan sampai tahunan.

5 kesalahan penyebab batre HP Android Cepat Rusak

  1. Pada waktu nge charge handphone mencabut charger di tengah-tengah, sehingga tersebut akan menyumbang satu siklus isi ulang, dan sebenarnya batre belum terisi penuh.
  2. Menggunakan chargeran dengan banyak cabang kabel, alasanya praktis di bawa ke mana-mana. Dan bisa mengisi ulang daya beberapa perangkat sekaligus tanpa membawa banyak kepala charge. Tetapi hal ini akan membuat aliran daya tak stabil, bisa tiba-tiba kecil atau tiba-tiba besar karena daya terbagi.
  3. Melakukan isi ulang daya pada temperatur ruangan rendah atau terlalu panas. Kondisi terbaik untuk mengcharge baterai perangkat elektronik adalah sekitar 20 derajat celcius atau 70 derajat fahrenheit. Jika dilakukan akan mengakibatkan komponen pada baterai rusak.
  4. Handphone sering terjatuh yang menyebabkan batre didalamnya terpengaruh karena tamparan atau benturan keras dapat membuyarkan atau mengeroposkan kandungan kimia yang tersimpan dalam batre.
  5. Batre sudah terisi penuh namun kabel charger masih tertanam pad HP, biasanya lupa mencabut ketika akan bepergian atau ketiduran.

Penyebab batre HP Android cepat rusak dapat dicegah dengan menggunakan dengan dua cara yaitu manual atau tanpa aplikasi seperti 5 poin diatas. Atau dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai Android seperti DU Battery Saver, Battery Doctor, Battery Optimizer dll.

Aplikasi penghemat batre handphone Android tersebut bisa di download via Play Store, demikianlah ulasan singkat mengenai kesalahan yang membuat batre HP Android cepat rusak. Selamat mempraktekan dan semoga batre ponsel kamu awet.

 

Advertisement