5 Kesalahan Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Advertisement

Ketika Idul Adha tiba biasanya kita akan memiliki stok daging cukup banyak yang dibagikan oleh panitia kurban. Tentunya daging sapi, domba atau kambing tidak akan sekali habis dimakan dan pasti sebagian disimpan, untuk itu sebaiknya mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas.

Sehingga daging kurban tahan lama dan masih enak ketika dimasak namun ada sebagian orang yang melakukan kesalahan dalam penyimpanan daging di lemari pendingin. Karena bisa saja akibat salah dalam penanganan daging berubah rasa atau bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Dibawah emiscara akan berbagi informasi supaya daging kurban awet di kulkas dengan menghindari hal hal sebagai berikut.

Kesalahan Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

5 Kesalahan Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

1. Mencuci Daging Sebelum Disimpan
Sebaiknya ketika daging akan dimasukan kedalam jangan dicuci terlebih dahulu, karena apabila dicuci dengan air kran dikwatirkan ada bakteri yang masuk ke pori pori daging. Sehingga daging akan cepat busuk akan lebih baik daging dicuci saat akan dimasak, jika ada bagian daging yang kotor dipotong kemudian dibuang.

2. Memasukkan daging secara gelondongan (tidak dipotong)
Kesalahan yang sering terjadi yaitu memasukkan daging secara gelondongan atau tidak dipotong potong terlebih dahulu. Sebaiknya ketika mendapat daging kurban 2 atau 4 Kilogram, daging dipotong kecil kecil sesuai kebutuhan misalnya untuk membuat steak, rendang, sambal goreng daging, sayur sop dll.

Setelah dipotong kecil kecil masukkan kedalam plastik ukuran 1/2 atau 1 Kilogram, dan ketika akan dimasak barulah ambil 1 satu kantong sementara sisanya biarkan beku di freezer.

3. Jangan langsung memasukkan daging ke freezer
Apabila daging sudah didalam plastik masukkan ke kulkas bagian yang tidak terlalu dingin diamkan sekitar 4 – 5 jam baru dimasukkan ke freezer. Jika daging tidak terlalu banyak sebenarnya cukup dimasukkan kedalam chiler karena dapat bertaham sampai 3 hari selain itu rasa dan tekstur daging tidak berubah.

4. Tidak memisahkan daging
Biasanya mendapat daging kurban sapi atau kambing kesalahan yang dilakukan menggabungkan kedua daging tersebut lalu dimasukkan kulkas. Cara yang benar adalah memisahkan daging kedalam kantong plastik yang berbeda.

5. Mencairkan daging beku dengan air panas
Cara mencairkan daging yang dianjurkan yaitu dengan menggunakan microwave atau jika tidak punya bisa mendiamkan daging beku dalam suhu ruangan selama 4 jam sampai defrost (menjadi cair).  Atau bisa juga mengambil daging beku yang terbungkus plastik kemudian panaskan air pada panci untuk mengukus daging tersebut.

Selain poin diatas yang harus diperhatikan adalah daging yang sudah dicairkan harus langsung di masak jangan dimasukan kembali kedalam kulkas. Karena daging apabila sudah dikeluarkan kemudiann dimasukan kembali ke lemari pendingin kandungan proteinya akan hilang.

Supaya daging yang disimpan empuk hendaknya mengetahui cara memotong daging yang benar yaitu proses memotong harus searah dengan serat daging.

Itulah 5 kesalahan menyimpan daging kurban di dalam kulkas karena ternyata apabila daging dismpan dengan benar bisa bertahan sampai 1 tahun. Tetapi mungkin daging akan mengalami perubahan tekstur dan rasa jika dismpan terlalu lama.

Foto: pixabay,com