5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

Advertisement

Karena saya baru pertama kali mendaki gunung semua bagian tubuh terasa pegal linu terutama kaki walaupun semua rasa lelah tersebut terbayar dengan keindahan gunung. Merbabu merupakan gunung yang saya daki disela sela liburan kerja menurut teman medan menuju puncak gunung Merbabu tidak terlalu berat.

Tetap bagi seorang pemula gunung yang memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan air laut tetap terasa berat. Akhirnya saya mencari cara mengatasi kaki pegal setelah naik gunung sehingga proses pemulihan lebih cepat karena harus bekerja.

Ada beberapa cara yang patut untuk dicoba untuk menghilangkan pegal setelah mendaki dan pada kesempatan ini saya akan berbagi informasinya dibawah, caranya terbilang karena dapat dilakukan sendiri dirumah.

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

Sebenarnya pegal kaki bukan karena naik gunung atau olahraga saja karena duduk atau berdiri terlalu lama yang mengakibatkan gangguan pada aliran pembuluh darah pada kaki.

1. Kompres kaki yang pegal dengan es

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

Ambil es batu bungkus dengan plastik untuk ditempelkan pada kaki yang nyeri, cara ini cukup membantu karena pada dunia kedokteran pun jika cidera atau kram pada kaki dianjurkan mengompres menggunakan es. Es juga dapat menghindari kaki dari pegal menjadi cidera yang lebih parah.

2. Komsumsi minuman yang dapat mengurangi kaki pegal

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung
Sebelum minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol atau aspirin bisa juga mengkomsumsi beberapa bahan herbal seperti jahe yang dibuat minuman. Atau minum lemon dicampur madu karena dipercaya menghilangkan rasa pegal pada kaki Anda.

3. Rendam telapak kaki dengan air garam

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

Cara mengatasi kaki pegal dengan merendam pada air garam sebenarnya sudah digunakan dari dulu misalnya petani mengobati pegal pegal setelah bekerja di sawah dengan cara ini. Persipakan wadah yang dapat menampung kedua kaki bersamaan kemudian ambilah air hangat dan masukan garam kurang lebih 7 sendok makan (sesuai dengan volume air) rendamlah kaki anda kurang lebih selama 15 sampai 20 menit.

4. Lakukan pijatan pada kaki

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

Lakukan pijatan lembut pada telapak kaki, betis dan paha yang berguna untuk mempelancar peredaran darah pada kaki. Jika ada pijat menggunakan minyak yang biasa digunakan untuk memijat seperti minyak sereh. Karena jika aliran darah kembali lancar rasa pegal kaki akan hilang.

5. Menggunakan sarung kaki ketika malam hari

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal Setelah Naik Gunung

Udara atau cuaca yang dingin pada malam hari dapat mempengaruhi peredaran darah pada kaki yang gejalanya munculnya rasa pegal pada kaki dikarenakan peredaran darah pada kaki tidak lancar. Penggunaan kaus kaki tebal saat tidur dapat memperlancar peredaran darah.

baca juga: cara mengobati sakit maag

Itulah 5 cara mengatasi kaki pegal setelah naik gunung atau sehabis melakukan aktivitas apapun, sebenarnya masih ada beberapa kebiasaan atau cara untuk mengobati pegal di kaki seperti merendam dengan air cuka, melakukan peregangan kaki dll.

Tetapi jika kaki masih terasa pegal bisa minum obat kaki pegal setelah sebelumnya berkonsultasi dengan dokter atau bisa juga dengan melakukan fisioterapi.

Foto: pixabay