4 Kelemahan Jualan Online di Facebook Wajib Kamu Tahu

Media sosial seperti facebook sekarang menjadi tempat untuk berdagang online, banyak orang yang sukses dengan jualan di fb. Akan tetapi sebenarnya ada 4 kelemahan jualan online di facebook yang mungkin belum kamu ketahui.

Dengan 63 juta orang pengguna aktif facebook, menjadikan Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna aktif facebook nomor tiga terbesar di dunia. Menariknya bisnis online via facebook tidak dipungut bayaran kecuali kamu memasang iklan.

Namun akibat semakin banyak orang berjualan online lewat facebook menyebabkan setiap posting konten, hanya meraih 1%-2% dari total liker fanpage, berikut kekurangan jualan di media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

4 Kelemahan Jualan Online di Facebook

4 Kelemahan Jualan Online di Facebook Wajib Kamu Tahu

1. Penjualan hanya mencapai pengguna facebook saja

Artinya apabila kamu jualan melalui Facebook, tentu konsumen kamu hanya yang mengakses Facebook saja. Sebut saja kamu memiliki teman fb 3000 orang, berarti yang terjangkau postingan kamu hanya 3000 orang tersebut.

Namun itu juga jika semua teman aktif, dan sepertinya itu mustahil, karena selalu ada pengguna yang tidak aktif lagi. Sehingga harapan mendapatkan orang yang membeli produk kamu relatif sedikit.

2. Posting jualan kamu cepat tenggelam

Postingan mengenai barang dagangan kamu mudah tenggelam, karena ada postingan orang lain yang lebih baru. Contoh kamu mempromosikan produk di salah satu grup facebook, tidak sampai sehari postingan sudah hilang.

Akibat tertutupi statsus baru teman yang lain, untuk mengatasinya kamu harus  dengan berkomentar pada postingan tersebut, tetapi sampai kapan?

3. Mesin pencari Google sulit mengindeks

Umumnya calon pembeli lebih suka mencari produk lewat layanan mesin pencari seperti Google. Apabila kamu berjualan hanya melalui media sosial seperti facebook, Twitter dll, ternyata lebih sulit ditemukan calon konsumen pada mesin pencari.

Penyebabnya karena kalah dengan konten yang dibuat menggunakan dengan platform blog, situs website resmi maupun forum. Sehingga jangan terlalu berharap postingan di facebook akan masuk di halaman satu Google, apalagi di posisi teratas pada keyword dengan persaingan ketat.

4. Tidak adanya fitur pencarian konten

Kemungkinan menemukan produk yang dikehendaki konsumen melalui kotak pencaharian facebook relatif sulit dilakukan. Karena facebook tidak menyediakan fitur pencarian konten kata kunci, dan hanya menyediakan pencarian akun, grup dan halaman fanspage.

Itulah 4 kelemahan jualan online di facebook untuk itu sebaiknya kamu juga mencoba menggunakan fasilitas jualan gratis lain seperti market place seperti Tokopedia, BukaLapak atau  dan lainnya.

Atau jika memiliki modal dapat membuat toko online sendiri dengan membuat website profesional dengan menyewa hosting dan membeli domain. Sehingga kekurangan jualan online di media sosial dapat diatasi dengan website atau sebaliknya.

Catatan: Facebook masih merupakan tempat potensial untuk jualan namun kamu harus mengetahui dan mencari pembeli tertarget.

Kesimpulan: Selain ada 4 kekurangan jualan di facebook ada juga kelebihan karena facebook menampilkan teman yang sedang online. Berdasarkan pengalaman admin kamu dapat menawarkan langsung mengirim pesan melalui fasilitas messenger untuk menawarkan produk.

Advertisement