3 Sayuran Pahit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Advertisement

Sebagai orang Sunda saya gemar sekali makan dengan ditemani lalapan (sayuran mentah) salah satunya pare atau dalam bahasa Sunda disebut paria. Selain dikomsumsi mentah sayuran pahit ini bisa juga ditumis menjadi sayur pare udang, telor, belut dll.

Dibalik rasanya yang pahit ternyata pare berkhasiat untuk kesehatan tubuh diantaranya menjaga berat badan tetap ideal, mencegah diabetes, membersihkan darah dan makanan untuk mencegah kanker. Tentu saja selain pare masih ada daftar sayur sayuran pahit yang menyehatkan.

Nah sayuran apa saja yang pahit dilidah tetapi banyak khasiatnya bagi tubuh kita? untuk selengkapnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

3 Sayuran Pahit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

1. Pare 

Daftar Sayuran Pahit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Pare memiliki kandungan zat yang mirip dengan zat insulin di dalam tubuh sehingga pare baik sekali untuk penderita diabetes walaupun tidak sekuat insulin yang dihasilkan oleh tubuh. Sehingga apabila dikomsumsi secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah.

Tetapi untuk pengolahan sebaiknya pare jangan terlalu matang karena apabila dimasak dalam suhu terlalu panas akan merusak unsur dalam pare yang dibutuhkan tubuh. Atau sebaiknya direbus, dikukus dan di blender namun jangan komsumsi secara berlebihan karena bisa mematikan sperma pada pria.

Selain itu pare dapat mengobati gangguan pernafasan seperti batuk, filek dan asma. Bagi ibu ibu manfaat pare dapat melindungi kehamilan karena memiliki kandungan folat sebesar 72 /100 gram (18% dari RDA). Fungsi folat dapat mengurangi resiko cacat syaraf pada janin.

2. Daun Pepaya

Daftar Sayuran Pahit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain pare daun pepaya masuk pada daftar sayuran pahit yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia, rasa pahit daun pepaya dihasilkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, menurunkan tekanan darah, dan membunuh mikroba.

Khasiat lain dari daun pepaya adalah sebagai anti malaria karena daun pepaya dapat menghilangkan parasit yang disebabkan malaria. Untuk yang terkena DBD dapat meningkatkan trombosit kemudian bisa juga melancarkan haid untuk wanita.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan daun pepaya dapat membantu melancarkan ASI. Daun pepaya mengandung phytochemical yang dapat mengatasi masalah rambut seperti kebotakan, penipisan rambut, dan rambut patah.

3. Leunca

3 Sayuran Pahit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Solanum Nigrum L atau yang kita kenal dengan leunca meskipun tidak sepahit daun pepaya dan pare tidak semua orang yang menyukainya padahal sayuran ini besar khasiatnya bagi tubuh. Karedok leunca merupakan olahan yang nikmat dicocol dengan nasi hangat,

Disamping mengandung vitamin A, B1, C, protein, karbohidrat, lemak,fosfor, kalsium dan zat besi, leunca juga memiliki kandungan antioksidan. Jika dikomsumsi secara rutin leunca dapat mencegah hipertensi karena dapat memperlancar sirkulasi darah.

Karena terdapat kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan sehingga leunca juga bisa merawat kesehatan kulit dari gangguan radikal bebas.

Itulah 3 sayuran pahit yang bermanfaat bagi kesehatan tentunya masih banyak khasiat lain yang belum sempat dikemukakan disini disamping khasiat yang sudah diuraikan diatas.

Dan yang harus diingat disamping manfaat kemungkinan bisa menjadi kontradiktif dengan penderita penyakit tertentu apabila mengkomsumsi pare, daun pepaya dan leunca. Untuk itu sebaiknya yang memiliki penyakit khusus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.