3 Penyebab Kenapa Suara Laptop Tiba Tiba Hilang

Suara laptop tiba tiba hilang merupakan masalah yang sering terjadi, umumnya sound laptop tidak berfungsi karena kabel audio rusak atau kesalahan pada pengaturan driver windows . Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengatasi masalah ini.

Bagi kamu yang terbiasa mendengarkan musik sambil saat sedang menggunakan komputer atau laptop pasti akan merasa terganggu. Sebelum dibawa ke tukang servis sebaiknya coba perbaiki laptop yang error sendiri terlebih dahulu, itung itung menghemat pengeluaran.

Untuk itu perlu kiranya mengetahui 3 penyebab kenapa suara laptop tiba tiba hilang sehingga tidak perlu panik lagi karena pasti ada solusi. Simak penyebab yangh membuat speaker laptop tidak mengeluarkan suara.

3 Penyebab Kenapa Suara Laptop Tiba Tiba Hilang

1. Kesalahan pemasangan kabel

  • Pastikan pengaturan suara pada laptop dan speaker volumenya sudah dinaikan karena biasanya orang lupa mengatur volume.
  • Pastikan kabel speaker atau headphone kamu terpasang dengan benar karena koneksi rusak dapat menyebabkan masalah  suara laptop hilang. Untuk itu periksa kabel output audio jack sudah apakah sudah tepat pemasanganya.

2. Driver sound Windows error

  • Cek driver sound dengan cara run windows troubleshooting program, karena jika audio bermasalahnya disini maka untuk mengatasinya tidak akan memakan waktu lama. Untuk membuka windows sound troubleshooter dengan cara Control Panel > All Control Panel Items > Troubleshooting

Setelah klik Troubleshoot audio playback nanti akan muncul jendela palying audio kemudian klik Next dan nanti akan otomotatis apa yang error, ikuti instruksi pada layar laptop/ komputer .

  • Terkadang bisa juga karena windows audio driver terkena virus atau malwares yang menonaktifkan sound. Untuk mengidentifikasi kamu perlu masuk ke Windows Device Manager dan periksa konfigurasi driver sound.
  • Buka windows device manager kamu dengan mengetik devmgmt.msc pada kotak dialog, selanjutnya klik sound, video and game controllers jika bermasalah disitu ada tanda warna kuning berarti driver rusak dan harus di update.
  • Untuk mengupdate atau menginstal ulang suara kamu dapat mencari driver audio di internet, namun yang agak sulit yaitu menemukan driver yang sesuai.

3. Ada masalah pada Windows

Ada kemungkinan windows kamu corrupted sehingga tidak dapat diupdate secara manual, untuk masalah ini ada dua hal yang dapat dilakukan.

  1. Restore windows ke pengaturan awal dengan restore sistem.
  2. Install ulang windows dan install driver audio terbaru.

Nah itulah 3 penyebab kenapa suara laptop tiba tiba hilang, namun jika setelah mencoba cara diatas suara laptop masih tidak keluar silahkan bawa ke tukang servis terdekat atau yang lebih bagus dibawa ke laptop center sesuai dengan merk laptop kamu.

Bagi kamu yang sehari hari bekerja menggunakan laptop atau notebook pasti akan terganggu jika perangkat ini mengalami masalah, untuk itu selalu rawat laptop mulailah dari hal kecil seperti menggulung kabel charger laptop agar tidak rusak dengan benar.

Advertisement